GMC itupun bergoyang


GMC
GMC truck

Musim haji seperti yang anda lihat di televisi dan surat kabar memang sangat padat. Aktifitas kota makkah menjadi 24 jam. Jalanan macet. Tarif angkutan naek berkali-kali lipat.

Yang saya ceritakan ini ada di depan masjidil haram, pintu ajyad. Tepatnya di terminal menuju daerah aziziyah yang sangat padat. Umumnya, diluar musim haji tarif aziziyah menuju haram atau sebaliknya hanya berkisar 2 real, namun karena musim haji, angkutan melonjak sampai 10 real, bahkan lebih. Apalagi saat puncak haji, sampai 100 real, fantastis bukan??

Tampak seorang berumur empat puluh-an tahun berkata lantang dari dalam mobil “janobeya..” yang dimaksud adalah, dia menawarkan kepada calon penumpang unt menuju aziziyah janubiyah. Kontan belasan orang menyerbu untuk bertanya kepada lelaki pemilik jeep tua merk GMC, seperti yang sering anda lihat di tv, mobil di amerika, afghanistan, pakistan.

“muhammad, kam janubiya..? Indal isyaroh jami’ah” (muhammad <sapaan orang arab>, ke janubiyah brp? Di traffic light kampus) sapaku. Sementara orang laen juga terus berteriak menanyakan berapa tarif.

“Yellah yellah, shabur !” (ya Allah, sabar) teriak si sopir menyambut teriakan belasan penumpang

“dakhil ‘asyroh, fouq khamsah..!” (dalem mobil 10 real, diatas 5real) memang, mobil GMC ini dilengkapi dengan keranjang besi besar di atap mobil

benar saja, belasan penumpang langsung naek keatas mobil, mencari yg murah,, sementara dalam mobil belum terisi, polisi sudah memberikan aba-aba dengan peluitnya (memasukkan jari tengah dan jempol ke dalam mulut untuk menahan lidah, kemudian ditiup kencang) dan berteriak lantang “harrik..!” (bergerak..!)

ketakutan, si sopir langsung maju sambil ngomel-ngomel. Tak heran jika mobil terus bergoyang apalagi kalo belok, karena semua penumpang berada diatas, sementara dalam mobil kosong..

Yg kaya gini cuma ada di makkah 🙂

8 Replies to “GMC itupun bergoyang”

  1. ya ampun, gila ja ya,, 😆

    masalahnya tarif di dalam pake 2x lipat sih, coba didalam cuman 7 aja pasti banyak juga yg milih di dalam,,

Tinggalkan komentar